Rabu, 15 Februari 2012

........... (part 1)


Swingg.. praak.. Sebuah penghapus papan tulis melayang di udara dan menabrak tembok. Seseorang di sampingku menyenggolku membuatku terkaget dan reflek berdiri. “Nisyaaaaaa..!!!” terdengar suara yang mencengangkan telinga dari depan kelas. ‘Matii! bu Mirna ngamuk, hukuman apa lagi nih yang harus di tanggung oleh seorang anak manis yang selalu mendapat kesialan ini’ kataku dalam hati. “Saya sudah capek dengan kamu Nisya, sekarang kamu keluar dari kelas ini sekarang!” Aku pun berdiri dari kursiku dan berjalan keluar dengan tertunduk “Baik bu..”
Oh ya, Sampai lupa, gara-gara guru killer yang ngebosenin satu itu. Namaku Ganisya Radika Hertawa. Yah.. namaku aneh yaa, mungkin dari nama ‘Hertawa’ aku jadi anak yang suka ngebanyol dan ngebikin anak-anak di sekitar ketawa mulu kalo di deketku. Tapi jangan salah, papaku kerjanya enggak kayak om Sule kok, cuma mama aja yang kayak tante Nunung.. postur tubuhnya, tapi ya enggak segede itu beneran, kecilan dikit lah, tapi mamaku tetep cantik walaupun posturnya kayak gitu, mama ajaib deh pokoknya hehe. Mamaku emang cantik kulit putih, papaku.. lumayan cakep deh, tapi kok jadinya jadi kayak aku ya. Seseorang yang berkulit sawo matang, enggak tinggi, bentuk hidung yang kalo dari depan keliatan pesek tapi dari samping keliatan mancung, orang bilang kayak jambu keinjek (plis deh), pipi kayak bakpao, lesung pipit yang kadang keliatan kadang enggak, rambut yang enggak banget, lurus sih bagus, tapi setelah aku potong yaampun digimana-gimanain enggak cocok. Jadi penampilanku sama dengan menyedihkan.
Sekarang, aku sekolah di SMP Tunas Bangsa yang duduk di kelas dua atau kelas delapan. Aku bukan anak yang populer-populer banget, tapi juga bukan anak cupu (ups) yang doyan baca buku tiap jam istirahat, bisa dibilang netral lah. Dikalangan kakak kelas aku biasa diajak untuk curhat, yah lumayan lah bisa bantu orang lain hehe. Dikalangan adek kelas aku biasa dibilang kakak kelas yang paling baik dan ramah soalnya akunya tu sok kenal gitu, siapa-siapa disapa di senyumin. Kalo di kalangan seangkatan aku dibilang sosok yang ‘gila’ (menurut lo?) sebentar, bukan gila yang beneran, tapi kalo ada aku pasti pada sakit perut, eh tu kan salah lagi pasti nangkepnya, bukan akunya bikin eneg tapi kalo ada aku pasti ada ketertawaan eh kegembiraan dan keceriaan (nah lo bener). Apa yang aku bilang aku omongin pasti diketawain sama anak-anak, padahal bagiku itu enggak lucu, tp lucu lah dikit.

“Hooeeeyy, ngelamun aja!” Prita sohibku tercinta yang doyan makan tapi enggak gemuk-gemuk itu datang kayak setan. “Bagi dong mienya.”
Eh, enggak disangka aku jalan-jalan enggak jelas sampainya ke kantin ya. “Yee, beli dong! Enggak modal banget sih lo!” aku berucap dengan nada mengejek. “Ih, iye deh.” Prita melambai ke embak Minuk penjaga kantin untuk memesan makanan. “Eh, kok lo ga ada puas-puasnya sih cari masalah sama bu Mirna, udah ke 23 kalinya lo tidur di jamnya bu Mirna. Tapi kalo di jamnya guru lain lo kayak kesurupan jadi anak rajin. Kok bisa sih?” Tanya Prita ke aku. “Intinya sebenernya gue tu rajin, tapi saking udah bencinya sama nenek peyot yang pake susuk itu, apa lagi sama pelajarannya PKn huah udah cocok deh sama-sama nyebelin!” caciku. “Eh, ngawur lo! Ntar bu Mirna denger mati lo kena hukuman!” kata Prita berbisik. “Alah, masa ga capek sih tu guru ngehukum gue mulu, udah lah jangan ngomongin dia lagi ntar jadi ga mood makan lagi!” jawabku. “Ih elo ya dibilangin! Iya deh nurut aja.”
Ditengah-tengah kami ngobrol makanan Prita pun datang. Kami melanjutkan obrolan kami sambil memakan makanan di hadapan kami.


***

Teeetttt.. bel pulang pun berbunyi, seperti biasa aku tidak langsung pulang, tapi nongkrong di perpus dulu dan sibuk dengan laptopku. Ya inilah salah satu hobiku yaitu online hehe. Emang itu sebenernya enggak bagus, tapi gimana lagi udah mendarah daging kok ya. Ini juga yang ngebuat aku sama Prita jadi sohib sehidup semati, kami punya hobi yang sama ya online itu. Kami selalu online bareng, tapi walaupun kayak gitu, kita tetep bisa ngatur waktu buat belajar sama online kok. Aku suka banget online dunia maya kayak facebook, twitter, ym, blog, dll. Tapi aku juga lebih suka browsing, cari-cari masalah-masalah yang baru tren.
“Sya ini nih liat deh, keren banget cowoknya, kalo kalo gue bisa kenalan ya sama dia heheh” Prita senyum-senyum sendiri ngebayangin sesuatu.
“Yaampun itu mah kakak kelas kita, si em siapa tu namanya lupa emm kak Christo nah itu namanya.”
“Wah yang bener lo? Dia kakak kelas kita, kak Christo tu kelas apa sih? Siapa tau gue bisa deket gitu sama dia.”
“Dia kelas sembilan C, masa sih lo gatau, dia kan terkenal banget! Jago main basket, pinter lagi!” jawabku sambil tetap menatap laptopku.
“Waw, udah keliatan pasti dia perfect! Tapi ngomong-ngomong lo kenal dia dari mana sih?”
“Biasa kak Lita suka cerita tentang dia, kak Lita kan mantannya kak Christo, kak Litanya masih sayang gitu terus dia minta pendapat dari gue gitu deh..” jawabku nyerocos enggak sadar kalo udah ngebongkar rahasia orang.
“Wah, saingan gue susah nih. Gimana ya Sya biar bisa deket sama kak Christo?”
“Ya man ague tau, lo kan tau sendiri gue belom pernah punya cowok, kalo cara-cara deketin cowok gue ga bisa sama sekali.”
“Huuu lo ah gaasik!” muka Prita langsung cemberut.
Saat aku baru asik-asiknya dengan laptopku, ada seseorang yang menepuk punggungku, yang membuatku kaget. Ternyata itu kak Sachi, huff.. aku kira tadi setan!
“Hei Sya!” sapa kak Sachi dengan senyuman yang membuat matanya hanya menjadi sebuah garis.
“Eh, kak Sachi! Ada apa kak?” jawabku dengan senyuman yang enggak kalah manis.
“Aku Cuma mau ngasih ini buat kamu, semoga kamu suka.”
“Loh kok ngasih ke aku, aku enggak baru ulang tahun loh kak.”
“Ini Cuma ucapan terimakasih dari aku buat kamu, ya atas nasehat-nasehat kamu yang udah ngebuat hubunganku sama Jeremy membaik kayak dulu lagi.”
“Yaampun kak, repot-repot banget! Gausah kali, aku ikhlas kok kak!”
“Kamu enggak mau nerima bener nih?”
“Enggak usah kak, buat kakak sendiri aja, atau malah buat kak Jeremy aja hehe..”
“Oh, kalo kamu enggak mau aku enggak maksa kok, yaudah deh pokoknya aku makasih banget sama kamu!”
“Oke deh kak, sama-sama no problem!”
“Yaudah, aku pulang dulu yaa.. nanti aku sms yaa!”
“Siap kak!”
Jam udah menunjukan pukul dua, Prita juga udah merengek-rengek kalo laper, oke time to go home!


***


Tuttuttut.. HPku berbunyi, pasti itu SMS dari kak Sachi.

From: Kak Sachi
Sya, aku pngn ngucpin mksih bgt ma km! Berkat km, aku sm Jeremy skrng baik lg kyk dulu. Pokoknya aku pny utang sm km! :)

To: Kak Sachi
Yaampun kak, udh lah udh biasa bantu saran kok sm orng. Yg penting kakak sneng ak jg ikt sneng :D
Sent..

From: Kak Sachi
Yee km mah, mau dikasih hadiah ga mau. Yaudah aku jg gasuka mksa kok. Tp ngmng2 klo ak blh tau nih, kok km ga pny pacar sih? Hehe

To: Kak Sachi
Yaa sebnrny bknny aku anti cwok, tp akunya aja yg jlek, ga ada yg doyan lah -,-
Sent..

From: Kak Sachi
Wih jlek apanya Sya, km tu manis tauk sbnernya, trs orngnya asik lg.. psti di belkng, km bnyak yg suka deh haha :D

To: Kak Sachi
Ih, rese deh kak ==” klo ada mah, skrng aku udh bhgia sm pacarku :p haha
Sent..

From: Kak Sachi
Oh, gini aja. Sebagai timbal balik ak mksh sm km, aku cariin km pacar deh.. gimana? Hehe

To: Kak Sachi
Eh, oke juga tu kak :p wkwk tp yg ganteng yaa kak! Hoho
Sent..


From: Kak Sachi
Oke, ini artinya km setuju! Hehe
Aku pny tmn namanya Tio, pasti km kenal (kyknya) dia orangnya manis, baik, walaupun pendiem sih hehe

                Waduh, kak Sachi nganggep aku beneran setuju nih! Aduh aku harus gimana, kalo aku nolak aku enggak enak, aku nerima emm.. tapi coba-coba dulu deh, sekalian buat deket sama cowok, hehehe.

To: Kak Sachi
Emm, kak Tio yg kls sembilan B ya? Wah aku ga trlalu tau tntng dia, ntar ga nyambung lagi..
Sent.. 

From: Kak Sachi
Gapapa ya dktan dlu aja, siapa tau nanti nymbung trs bisa ngebuat komitmen. hehe
Dia dari dulu kamu kls 7, dia merhtiin km mulu loh. Suka Tnya ke ak ttg km, soalnya dia tau kl ak sm km sering smsan. Tp biasa klo cowok pendiem ga berani ngelangkah duluan,hehe. Tp skrng dia katanya udah brtkd buat deketin km (cyeilah) tnggu aja bntar lagi dia jg sms km :D

     ‘Waw’ kata itu yang bisa ngungkapin keluarbiasaan kagetku, ternyata dari aku kelas tujuh ada orang yang suka sama aku, kakak kelas lagi, wowowowowow.. ini perlu dicoba berarti!
                Tuuttututt... aku membuka SMS yang masuk di HPku dengan degdegan..

From: +6289456789990
Hai, ini Nisya bukan ya?

     Wahwahwah, ini nomernya kak Tio bukan ya? Yaampun knp aku dagdigdug gini sih..

To: +6289456789990
Iya, ini Nisya. Km siapa ya?
Sent..

From: +6289456789990
Hehe, emm ini Tio 9B. udh tau kan dr Sachi?

To: +6289456789990
Oh, ini kak Tio ya, udh kok, td kak Sachi udah cerita..
Sent..

                Bego bego bego! Kenapa aku balesnya kak Sachi udah cerita, nanti dikira akunya juga suka sama dia, kan harusnya aku jadi cewek jual mahal dong! Ah bego!
Seharian ini SMSan sama kak Tio aku nyambung-nyambung aja, asik kok dianya juga. Huaaa, tapi kenapa aku suka dagdigdug sendiri ya..??

***

     Jam wekkerku menunjukan pukul enam. Pintu kamar mandi ku buka dan aku mulai bersiap-siap sekolah. Enggak tau ada angin apa, hari ini aku pingin banget dandan cantik, manis, rapi dan enak di pandang, enggak kayak biasanya. Aku mengubek-ubek rambutku biar bisa keliatan manis, aku jepit, aku kuncir dan lain lain cara udahku tempuh, tapi enggak ada hasil yang bagus. Pilihan ku jatuh kepada sebuah bando yang simple dan manis, yah bisa ngeliatin sisiku yang manis lah (dikit).
                Koridor sekolah kali ini sepi, entah ada apa, ini sangat ganjil bagiku, biasanya setiap aku jalan disini ada mahluk-mahluk jail yang tidak punya capek ngerjain orang. Sebuah kerumunan orang berhimpitan dan berebutan buat meliat sesuatu yang menarik perhatianku. Aku penasaran, aku mendekat, ternyata mereka sedang mengerumuni mading. Di mading itu tertulis sebuah pengumuman tentang sebuah acara pensi sekolah 1 bulan lagi, waow.. aku sangat suka pensi, melihat itu aku langsung berlari ke kelas dan mencari Prita.
“prit prit.. sini deh, sekolah mau ngadain pensi ya?” panggilku kepada Prita dengan semangat tingkat dewa.
“iya, baru tau lo? Kan kemaren sore udah di tempelin pengumumannya.”
“ya mana gue tau, kan gue tiap pulang sekolah langsung masuk perpus. Orang tadi juga rebut-ributnya baru pagi ini.”
“ngomong-ngomong lo mau ikut partisipasi enggak nih? Kalo gue sih enggak.”
“plis deh, gue kira lo mau ngajak gue buat duet bareng nyanyi atau apa gitu, taunya malah enggak mau ikut ngeramein. Beneran nih lo gamau ikut partisipasi? Ketua pensinya kak Christo loh!”
Prita memuncratkan semua the botol di mulutnya “yang bener lo? Kalo gitu gue mau ikut partisipasi! Tapi emang gue bisa apa?”
“emm.. lo nyanyi aja, ntar gue yang iringin deh biar lonya enggak malu. hehehe”
“wah ide brilian, elo emang sohib gue yang tiada duanya deh! Gue sayang lo sya, membabi buta deh..!” prita memeluku dengan semangat tingat pahlawan kemerdekaan. “ntar temenin gue bilang ke kak Christo cakep unyu yah..?”
“lo jangan mulai lebaynya ya, ntar gue tampar nih!”
“iya iya, enggak lagi lagi deh, tapi yang penting lo temenin gue yah yah yah? Bakso pak Kardi deh!”
Siapa sih yang enggak luluh kalo di janjiin bakso pak Kardi, lakukan apapun demi bakso pak Kardi (eh) “oke oke ntar gue temenin, tapi baksonya janji loh! Yaudah, yuk ke kelas udah mau masuk nih!”
Teeetttt…. Bel pun berbunyi, kami memasuki kelas kami.
                Ini mungkin hari sial gue, kenapa harus dandan secantik ini pas hari pelajarannya bu Mirna. Oh no! khayalan gue jadi kenyataan, pas bu Mirna masuk kelas dia langsung menujukan matanya ke gue dengan ternganga ngeliat aku yang tampil semanis ini. Jam ini mungkin hanya diisi intrograsi tentang gue yang membuat seisi kelas gemuruh. “hai Nisya! Hari ini kamu manis sekali, tumben? Ada angin apakah?” Tanya bu Mirna kepadaku. Jleb! Hati gue rasanya hancur seketika, pertanyaan macam apa ini??? Tanpa gue sadarin seisi kelas ternyata ngeliatin gue, wah salah tingah banget ini mah!
“emm.. sekali-kali enggak papa kan bu, masa suruh cari masalah mulu sama ibu. Saya juga capek di hukum mulu.hehehe” jawabku ngasal. Seluruh kelas tertawa cekikikan, waw manurutku itu tidak lucu loh.
“oh jadi sekarang kamu udah tobat ya? Ya sudah sering sering kayak gini ya..”
“oke bu, sekarang saya tiap hari akan jadi kayak gini kok bu tenang..”
“nah gitu dong, kamu cantik, manis kok kalo kayak gini! Iya kan anak-anak?”
“banget buu!”
Deg! Jebol lah ini jantung gue, kenapa sekelas jawabnya banget? Ini maksudnya mau pada ngatain apa jujur sih, galau deh gue!
“rese deh semuanya!” teriak kesel gue sama temen-temen. Tengsi abis di bilang cantik sekelas, muka gue mungkin langsung merah deh!
Karena kata-kataku tadi semua ketawa bebarengan, yah makasih deh.
Pelajaran bu Mirna selesai. Pelajaran selanjutnya sampe istirahat, gue cuma bisa diem kayak orang kesambet. Gue masih mikirin kata-kata temen-temen gue yang bilang gue cantik! Huahahaha gue percaya kalo mereka cuma asal-asalan bilang begitu. Udah ah gausah dipikirin!
                Istirahat ini gue sama Prita ngabisin waktu buat nyariin kak Christo. Oke gapapa gue enggak ngeramein kantin mbak minuk demi pak kardi, eh maksudnya baksonya. Lorong kelas 9 emang paling keren, jam istirahat pasti banyak cowok-cowok yang nggitar di luar kelas atau nongkrong liatin yang pada basket dan itu amat sangat menyita mata gue, time to cuci mata. Mata gue menggeliat ngeliatin cowok-cowok kelas 9G yang mayoritas pada pinter main gitar, di luar kelas mereka berhimpun mainin gitar mereka dengan lihai dan nyanyi.. waaaaaahhh ini saat-saat terhebat deh! “heh sya! Lo ngelamun aja deh! Pantesan kak Christo enggak ketemu-ketemu!” suara Prita membuyarkan penglihatan gue.
“elo tuh kalo pelan dikit bisa enggak sih suaranya?!”
“ya sori, lah lo malah ngelamun gitu. Kesel kan gue enggak ketemu-ketemu sama kak Christo!”
“yaampun ini baru sampe kelas 9G, 9C masih di ujung sono noh.”
“hehe, iya deh. Ini akibat kengebetan pengen ketemu!” cengiran khas Prita pun keluar. “eh, ngomong-ngomong tadi pas di kelas kok anak-anak tiba-tiba pada ngakuin sih kalo lo cantik? sebenernya enggak cantik tapi manis.”
“mana gue tau! Tapi tadi asli gue kaget bener, muka gue merah deh! Malu abis ah tengsi!”
“hahaha, lah elo sih hari ini aneh aja, jadi manis bener pake bando kayak gini, biasanya cuma kuncir ekor kuda!”
“lah gue kan juga mau di bilang manis! Enggak cuma si Dinda atau si Rika yang bisa cantik. Hahahaha!”
Perbincangan kami berhenti ketika sampai di depan kelas 9C, muka Prita kayak baru ngumpulin keberanian. Gue keburu udah disamber dulu sama kak Sachi.
“eh Nisya! Tumben ke kelas 9, mau ketemu itu yaa?” sambut kak Sachi.
“ih enggak kok kak, ini aku sama Prita mau daftar ngisi acara di pensi sekolah. Hehe sekali-sekali lah kak.”
“oh, aku kira mau ketemu itu tu.. haha, yaudah kayaknya si Christo juga belom keluar kok.”
“ih rese kak! yaudah aku duluan yaa..”
Kak Sachi berjalan menjauh, pasti mau ke kantin. Aku mendekati Prita yang mati kaku ngeliat muka kak Christo. Heh elo, muka lo ada yang lebih biasa dikit enggak, kita enggak mau audisi kok jadi jangan tegang dong, guenya jadi malu noh diliatin. Gue ngetuk pintu kelas itu, dan bilang “selamat pagi, bisa ketemu kak Christo?” kak Christo bangun dari bangkunya, aku bisa denger betapa kencengnya suara jantung Prita.
“eh, Nisya! Ada apa nih? Tumben nyariin gue!” sapaan hangat dari kak Christo memecahkan suasana tegang Prita.
“hehe, iya kak. Gini aku sama Prita mau daftar buat ngisi acara pensi sekolah, boleh kan kak?”
“oh masih boleh kok, belum ada penutupan, malahan gaada penutupan, hehe. Kamu sama Prita kan? Prita yang mana ya? Oh pasti yang ini yaa?” ucap kak Christo sambil memegang pundak Prita, senyuman manis maut pun keluar.
“iya kak yang ini, masa enggak tau toh, iya sih emang dia enggak terkenal banget.. (hahaha)” tawaku tertahan. Prita menginjak kakiku dan itu sakit sekali. 
“hus jangan ijek injekan dong,hehe.. eh iya, tak kenal maka tak sayang. Kamu Prita kan, aku Christo. Salam kenal ya..” senyuman manis pembius pun keluar dari muka kak Christo, lalu tangannya beranjak untuk menjabat tangan Prita. Prita Cuma mlongo dan enggak nanggepin tanggan kak Christo, reflek dong aku ngangkat tangan Prita ke tangan kak Christo.
“eh, iya kak.. salam kenal juga”
“oh iya buat info lebih lanjutnya bisa BBM kalo enggak SMS aku aja sya. Kalo nomer kamu berapa Prit, biar kita bisa calling-callingan juga.”
Kak Christo sama Prita pada asyik tukeran nomer HP dan ngobrol, disini gue berasa kayak kambing congek. Tapi itu enggak berlangsung lama, malaikat seribu banyangan penolongku datang menyamber dan menggeretku menuju kelasnya, yah siapa lagi kalo bukan kak Sachi. Dengan muka bego aku masuk kelasnya kak Sachi, well semua orang disana memusatkan perhatian kepada seorang cewek pendek, item, rambut aneh pake bando lagi, masuk ke kelasnya. Hening sejenak, lalu seorang cewek berambut sepundak agak naik dikit tau-tau ngomong “ini Nisya ya? Kok beda?”
“eh kak Sita, kok bisa beda to? Aku gabisa berubah loh”
“enggak, kamu keliatan lebih manis aja pake bando terus diurai begituan.. hehe”
“ini aku enggak bisa bedain antara dipuji apa dicela”
“hahahaha! Yaenggak lah, aku jujur kok”
Persaan gue agak enggak enak, ada sesuatu ganjal di aura kelas ini. Bukan! Bukan ada setannya! Tapi yah, gue baru inget kalo kelas ini adalah kelas kak Tio, dan kak Tio ada di pojok belakang kelas lagi ngerumpi eh bukan ngerumpi (ngerumpi kok pake gitar) sama temen-temennya pokoknya. Matanya mengarah nancep ke hati gue (eh), tatapannya muahahaha bikin pengen pingsan.
“ini maksudnya apa sih kak kok dibawa ke kelasmu?”
“enggak tau ada seseorah eh sesuatu yang bilang kamu harus mampir ke sini.”
Abis kak Sachi bilang kayak gitu semua mata berpaling menuju kak Tio, oke ternyata semua udah pada tau. Aku gagap total mau komen apa aku binggung, dan galau seketika disitu. Teetttettteett.. bel masuk kelas sang penyelamat! “udah masuk nih kak, kalo mau ngomong entar aja ya, aku mau ke kelas. Dada kakak muah muah..” lari terbiritlah aku tanpa pamit. Aku ngegeret Prita yang baru berlambai-lambai tangan tanda perpisahan sambil ngomong “kak Christo yang cakep aku ambil Pritanya ya, udah masuk nih. Entar lagi yaa.. dada kakak!” (kali ini enggak pake muahmuah).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar